Ini adalah penyebab rpm genset tidak stabil dan solusinya yang tidak stabil

penyebab rpm genset tidak stabil : beberapa elemen yang menyebabkan tegangan atau tegangan generator yang berfluktuasi atau tidak stabil dan sistem penalaran. Genset adalah mesin yang dapat menghasilkan voltase atau voltase dengan voltase konstan atau stabil.

Tegangan atau voltase yang digunakan sebagai generator umumnya 220 volt (fase netral) dan 380 volt (antara fase dan fase) untuk alternator tiga fase.

Berbagai masalah atau kerusakan yang mungkin terjadi pada generator, seperti: B: Tegangan generator tidak dipancarkan dan tegangan atau tegangan yang digunakan sebagai generator diatur atau dinonaktifkan atau tidak stabil. Penyebab tegangan generator tidak keluar dan disahkan

Jika tegangan atau tegangan yang dipasok oleh generator berfluktuasi atau tidak stabil, itu dapat merusak peralatan listrik.

Karena itu, koreksi harus dilakukan ketika tegangan generator tidak stabil atau naik turun.

Untuk dapat mengambil obat yang ideal, pertama-tama kita harus memutuskan apa yang menyebabkan tegangan generator naik atau turun.

Penyebab tegangan generator tidak stabil atau naik turun dan sistem menyelesaikannya
Memperbaiki masalah tegangan tidak stabil pada generator

Penyebab ketegangan gen yang tidak stabil
Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan ketidakstabilan tegangan generator atau naik turun.

Elemen-elemen yang menyebabkan tegangan generator tidak stabil dapat dibagi menjadi dua elemen utama, terlepas dari apakah penyebabnya adalah motor yang bermasalah atau generator saat ini.

Masalah mesin yang dapat menyebabkan tegangan tidak stabil meliputi:
Kecepatan mesin tidak stabil.
Coba amati kebisingan mesin selama operasi, terlepas dari apakah suara itu normal atau tidak, suara mesin juga naik turun.

Jika generator motor tidak tampak normal, itu berarti bahwa kecepatan motor dari objek seperti itu juga tidak stabil.

Pastikan kecepatan engine normal pada 1500 rpm.

Jika kecepatan mesin generator tidak normal, kadang-kadang melebihi 1500 rpm atau kurang dari 1500 rpm. Akibatnya, tegangan generator tidak stabil atau naik dan turun.

Menyebabkan kecepatan mesin yang tidak stabil

Bahan bakar kotor, hilang, tidak mulus atau tersumbat.
Pastikan bahan bakar generator mesin bersih
Bersihkan filter bahan bakar
Pastikan volume bahan bakar tidak lebih rendah (normal)
Pastikan saluran bahan bakar ke mesin generator selalu mulus dan tidak terhalang atau terjepit.

Jika dipastikan bahwa bahan bakar generator mesin dalam kondisi baik tetapi kecepatan generator mesin masih abnormal, pastikan regulator bahan bakar bekerja secara otomatis.

Entri bahan bakar ke mesin generator secara otomatis dikendalikan oleh perangkat yang dikenal sebagai gubernur.

Masalah dengan Governor Genset
Pengontrol beroperasi berdasarkan kecepatan motor generator. Ketika putaran mesin lebih rendah, gubernur terbuka, sehingga lebih banyak bahan bakar yang masuk. Ketika kecepatan melebihi kecepatan engine normal, pengontrol mengurangi bahan bakar yang masuk ke generator.
Prinsip operasi regulator, MPU dan aktuator pada unit motor

Pengontrol yang rusak juga dapat menyebabkan kecepatan engine tidak normal dan membuat tegangan generator tidak stabil atau naik atau turun.

Periksa fungsi regulator, MPU dan katup aktuator pada generator motor. Pastikan semuanya dalam kondisi baik dan bekerja secara otomatis untuk menjaga kecepatan engine konstan.

Masalah dengan generator
Jika kecepatan mesin dalam situasi normal, itu berarti bahwa tegangan generator tidak stabil atau berfluktuasi karena generator, atau metode kelistrikan yang menjadi masalah.

Kabel keluaran genset
Periksa kabel output generator dan pastikan kondisinya baik dan tidak lepas atau bocor.


Dalam hal ini, ukur tahanan isolasi kabel dan pastikan bahwa titik tahanan isolasi masih dalam kondisi baik. Kabel yang rusak atau bocor dapat menyebabkan hubungan singkat dan gangguan tegangan listrik.

Tegangan generator naik dan turun atau tidak stabil juga dapat disebabkan oleh kabel yang rusak atau bocor.

Koneksi dan terminal kabel
Periksa kabel atau koneksi kabel, koneksi kabel atau koneksi pada motor penggerak, pengontrol dan kabel keluaran drive, koneksi kabel pada AVR, koneksi kumparan pada generator dan lainnya.

Pastikan bahwa semua koneksi atau koneksi kabel ke mesin atau generator dipasang dengan benar dan tidak ada yang longgar, patah atau longgar.

Koneksi yang longgar atau terminal kabel juga dapat membuat tegangan generator tidak stabil.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*