Hal yang Wajib Diketahui tentang Genset Open

genset open

 

Kebutuhan akan genset memang cukup tinggi sekarang. Baik di sektor industri dan perkantoran hingga sektor perumahan dan rumah tangga, genset sudah mulai banyak diperlukan dan modelnya pun sudah cukup beragam. Genset memang diperlukan karena semakin banyak orang yang cukup bergantung pada penggunaan perangkat elektronik, terutama untuk pekerjaan. Sedangkan, pemadaman listrik bisa terjadi kapan saja. Untuk urusan genset, ada dua jenis utama, yaitu genset open dan tipe silent.

Genset tipe open sudah cukup umum dijumpai dan modelnya pun cukup beragam. Dari segi fungsinya, tipe silent dan open menyediakan fungsi yang tidak berbeda. Keduanya berfungsi dengan baik untuk menyediakan arus dan aliran listrik ketika diperlukan. Tentu saja, ada beberapa hal yang menjadi pembeda antara keduanya. Dari segi fisiknya saja, sudah cukup terlihat jelas. Untuk genset open, tidak ada bagian canopy atau box yang menjadi rumah genset sehingga bentuknya memang terbuka. Sedangkan genset silent mempunyai box tersendiri. Pembeda tersebut mempunyai fungsinya sendiri. Adanya box atau rumah genset di tipe silent mampu meredam bunyi mesin sehingga suaranya tidak terlalu bising. Sedangkan model open akan cukup bising sehingga hal tersebut menjadi salah satu perhatian dan bahkan kekurangan dari model open. Ditambah lagi, adanya box menjadi pelindung atau proteksi tambahan bagi mesin agar air atau hal lainya tidak menyebabkan kerusakan.

Tentu saja, model genset open mempunyai keunggulannya sendiri. Salah satunya ada pada perawatannya. Perawatan genset model open akan lebih mudah. Mesin dan bagian-bagian lainnya sudah langsung terlihat sehingga membersihkannya akan lebih mudah. Tidak ada box atau case yang harus dibongkar dulu tiap kali ingin membersihkan sehingga akan lebih menghemat waktu. Pengecekan kalau adanya kerusakan pun akan lebih mudah di model genset open karena tidak ada box yang menutupi.

Pengoperasian dari genset model open akan lebih mudah pula. Sudah disediakan panel controller untuk mengatur penggunaan dan penyesuaian daya dan hal lain sebagainya. Dengan demikian, berbagai pengaturan akan lebih cepat dilakukan. Walau memang tidak ada pelindung tambahan, umumnya genset open pun diletakkan di ruangan tertutup sehingga hujan pun tak akan menjadi persoalan.