Tips Merawat Genset Diesel Agar Awet

Kalian memiliki genset diesel di rumah? Namun, bingung bagaimana cara merawat genset diesel dengan baik? Selamat karena kalian telah mengunjungi artikel yang tepat. Disini kita akan membahas bagaimana tips yang tepat untuk merawat genset diesel dengan baik agar tetap awet dan bisa mendapat nilai jual yang tinggi jika dijual. Kita semua mengetahui bahwa alat generator merupakan alat yang penting di dunia. Dengan adanya generator seperti diesel, kita dapat memenuhi kebutuhan listrik kita untuk jangka waktu yang panjang dan lama tanpa perlu khawatir lagi akan pemadaman listrik yang dilakukan oleh pihak PLN yang dapat menghambat pekerjaan kita. Terlebih saat ini hampir semua yang kita lakukan berhubungan dengan arus listrik.

Kita diwajibkan untuk merawat peralatan yang kita miliki. Termasuk jika anda memiliki alat genset diesel terbaik. Genset ini merupakan alat penghasil daya listrik yang memakai bahan bakar solar, tahan banting, tanpa busi, dengan kapasitas tinggi dan bahan bakar yang terjangkau. Untuk merawatnya memang tidak boleh sembarangan. Harga genset diesel ini bisa dibilang mahal. Lebih mahal dari pada genset yang menggunakan bahan bakar bensin. Maka dari itu, harus kalian rawat dengan cara yang benar agar kualitasnya tetap terjaga jika suatu saat anda ingin membuka sewa atau menjualnya kembali. Tentu saja anda tidak mau rugi bukan?

Tips pencegahan dan perawatan yang bisa kalian lakukan yang pertama yakni melakukan tes pada mesin. Genset ini bekerja dalam tekanan kuat karena beban listrik yang dialirkan dan dibutuhkan besar. Untuk itu perlu di tes secara rutin untuk menjaga mesin dari kerusakan. Yang kedua filter bahan bakar usahakan harus kering jika generator tidak digunakan untuk menghindari kemungkinan terkena uap air atau debu. Setidaknya setiap 6 sampai 12 bulan kuras bahan bakar untuk menghindari terkontaminasinya bahan bakar. Karena ancaman solar terkontaminasi dapat menimbulkan resiko generator anda cepat rusak. Jangan lupa untuk memeriksa pendingin mesin dan membersihkannya. Oli mesin yang harus diperiksa dan filter harus diganti secara rutin. Jangan lupa juga untuk memantau sistem pembuangan saat genset ini bekerja untuk menghindari kemungkinan timbulnya kebocoran.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *