Tips Pengecekan dan Perawatan Tower Lamp

tower lamp

 

Peran dari tower lamp sangatlah penting di area pertambangan. Dengan tempat yang biasanya jauh dari kota dan sumber listrik, adanya unit penerangan tersebut akan sangat bermanfaat. Selain mudah dipindahkan ke tempat lainnya, suatu light tower sudah mempunyai sumber listriknya sendiri dari generator yang menjadi bagian utamanya. Dengan begitu, penerangan tentu sudah tercukupi dan pekerjaan bisa tetap berjalan saat malam hari. Namun, tentu perawatan akan sangat diperlukan. Berikut adalah beberapa perawatan yang diperlukan.

Salah satu hal utama yang secara rutin perlu dicek untuk merawat tower lamp adalah oli dan bahan bakarnya. Umumnya, bensin atau solar digunakan di generator yang ada di lamp tower. Kalau bahan bakar sudah habis dan tangki sudah kosong, bisa dipastikan kalau generator pun tidak akan bisa berfungsi. Namun kalau untuk oli, hal tersebut benar-benar perlu dicek secara berkala karena perannya sangat penting untuk menopang kinerja mesin.

Hal lain yang penting untuk perawatan tower lamp adalah pembersihan filter udara. Filter udara pastinya akan kotor seiring dengan durasi penggunaan dari genset. Apalagi dengan area penggunaan di lokasi tambang, tentu debu akan lebih mudah mengotori filter dari genset. Karena itu, pembersihan perlu dilakukan secara rutin. Hal tersebut diperlukan agar kinerja mesin tetap bagus dan genset pun tidak mudah panas saat beroperasi.

Bagian yang tak boleh terlupakan adalah lampu LED. Kalau lampunya saja mati atau rusak, tentu tower lamp tak akan bisa berfungsi. Anda perlu selalu mengecek kondisi lampu. Sudah pasti, akan lebih bagus bila penggantian lampu segera dilakukan sebelum LED tersebut mati. Dengan begitu, lighting lamp akan selalu bisa diandalkan ketika diperlukan.

Bagian terakhir yang perlu perawatan dan pengecekan adalah kabel dan soket-soket yang ada. Kabel yang putus atau soket yang rusak perlu segera diperbaiki untuk mencegah adanya korsleting dan masalah lainnya. Ditambah lagi dengan lokasi pengerjaan di luar ruangan, tentu hujan dan kondisi cuaca bisa mempercepat kerusakan kabel dan bagian instalasi listrik lainnya. Hal yang tak boleh lupa dicek dan dirawat adalah kerangka dan bagian luar dari tower lamp.